Jumat, 29 Maret 2013

Mendikbud: Kurikulum Baru Diterapkan Juli 2013

Kudus (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan penerapan kurikulum baru mulai pertengahan Juli, bertepatan dengan tahun ajaran 2013/2014.
"Hingga sekarang, masih dalam tahap sosialisasi kurikulum 2013," ujarnya ditemui usai menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW, Istigasah, dan Harlah Muslimat NU di halaman SD Unggulan Muslimat NU Kudus, Jumat.
Saat ini, lanjut Menteri, sedang dipersiapkan, mulai dari buku pelajaran, pelatihan, hingga guru. Menurut rencana, pelatihan guru secara massal akan dilaksanakan pada bulan Juni 2013 yang bertepatan dengan liburan sekolah.

Perubahan paling mendasar dari kurikulum baru tersebut, kata dia, untuk kurikulum SD akan menggunakan tematik terpadu atau pelajaran yang jumlahnya relatif cukup banyak akan dikurangi dan diramu.
Nantinya, kata dia, setiap pelajaran mencakup tiga aspek, yakni keterampilan, sikap, dan pengetahuan menjadi satu paket.
Ia mencontohkan mata pelajaran Bahasa Indonesia juga akan mengajarkan kejadian sehari-hari.
Selain itu, kata dia, metodologi yang digunakan yang membangkitkan kreativitas sehingga anak akan diajarkan observasi, bertanya, berpikir/nalar, presentasi, dan menyampaikan gagasan.
"Insya Allah kurikulum baru nantinya lebih bagus," ujarnya.
Terkait dengan muatan lokal, kata dia, tetap ada karena tidak ingin akar dari daerah setempat dihilangkan.sumber disini

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar