Kamis, 30 Mei 2013

Tips Mendapatkan Rasa Percaya Diri

Tips Mendapatkan Rasa Percaya Diri
Oleh : Yanto Winarjo,S.Pd.M.Si 
(Kepala SDN. Aenganyar I) 


Dalam sebuah penampilan di depan umum, kepercayaan diri memang sudah menjadi faktor utama yang sangat penting agar segala hal yang ingin kita raih menjadi kenyataan. Dengan kepercayaan diri yang tinggi pula sebuah resiko akan bisa kita lalui tanpa adanya keraguan. Namun memang terkadang rasa percaya diri ini tidaklah dimiliki oleh setiap orang. Ada sebagian dari kita yang selalu merasa tidak percaya diri untuk menghadapi suatu hal yang memang terbilang sangat penting. Menumbuhkan kepercayaan diri pada diri kita sendiri memang tidaklah semudah seperti yang kita bayangkan. Butuh penyesuaian yang cukup serta mental yang kuat untuk meraihnya.

Bahkan adakalanya setelah kehilangan rasa percaya diri agak kesulitan juga untuk kembali bangkit. Di sini ada trik dan tips untuk rasa percaya diri agar kembali dengan cepat saat di butuhkan.
Ada tujuh langkah yang mudah untuk di praktekkan.

1. Kenali Diri Sendiri. Anda mempunyai batasan kemampuan, suatu saat Anda berada pada puncak batas kemampuan dan merasa kehilangan rasa percaya diri. Ketika dalam posisi ini, jangan menyerah, tiada usaha yang sia-sia, ketika merasakan hilangnya percaya diri, itu adalah biasa, banyak orang seperti Anda ketika dalam posisi seperti itu. Yang tidak biasa adalah Anda melakukan usaha dengan kemampuan diri untuk keluar dari tekanan itu. Anda di ciptakan Tuhan sebagai mahluk yang berakal dan ciptaanNya yang paling sempurna.

2. Bergaullah dengan Orang-Orang yang Memiliki Rasa Percaya Diri dan Berpikiran Positif. Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. Kekuatan negatif sangat kuat, satu orang berpikir negatif bisa mempengaruhi 9 temannya yang berpikir positif ikut negatif. Jika Anda terus menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh dan pesimis, percaya diri akan goyang dan pikiran Anda penuh dengan ketidakpastian sikap, secara perlahan dan mungkin tanpa disadari, pikiran Anda akan mengikuti teman-teman Anda. Sebaliknya,jika Anda dikelilingi orang-orang yang penuh kebahagiaan dan percaya diri, maka akan tercipta pula atmosfir positif yang membawa keuntungan bagi diri Anda.

3. Latihan. Ada banyak cara latihan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Intinya kita harus bisa membawa pikiran terkendali dan rileks. Doa, meditasi melakukan ibadah dan ajaran agama dengan benar sangat membantu untuk mendapatkan rasa percaya diri. Ada juga metode dengan Terapi Gelombang Otak, terapi ini bertujuan mengakses otak bawah sadar dan memberi sugesti pada diri Anda sendiri.

4. Atur Posisi Tubuh. Sikap duduk, berdiri dan posisi tubuh lainnya sangat mempengaruhi suasana hati. Seseorang yang sedang stres maka posisi tubuhnya akan condong. Begitu juga tangan mengepal menjadikan seseorang penuh emosi. Jadi, mengatur tubuh pada posisi tertentu bisa menjadikan Anda percaya diri. Coba posisikan tubuh tegap dan simetris (tidak condong dan tidak membungkuk), ini sangat membantu mengembalikan percaya diri anda. Lebih dari itu, posisi tubuh memberikan pesan pada orang-orang di sekeliling Anda, mereka memberi tanggapan positif pada Anda dan tentu saja ini akan memperbesar rasa percaya diri Anda sendiri.

5. Ingat Kembali Saat Anda Merasa Percaya Diri. Percaya diri adalah sebuah perasaan dan jika Anda pernah merasakannya sekali, tak mustahil untuk merasakannya lagi. Mengingat kembali pada saat dimana Anda merasa percaya diri dan terkontrol akan membuat Anda mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakan kerangka rasa percaya diri itu dalam pikiran. Jadi, perlu juga Anda melakukan aktivitas yang tidak biasa, atau mengunjungi ketempat yang belum pernah dikunjungi, dan ciptakan rasa percaya diri pada saat-saat itu.

6. Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri. Jangan terlalu mengkritik diri sendiri, jadilah sahabat terbaik bagi diri Anda. Ketika Anda merasa kehilangan rasa percaya diri, jangan memaksa dan menekan diri Anda, ini akan memperburuk keadaan, tapi carilah permasalahan yang menjadikan Anda kehilangan percaya diri, biasakan dengan masalah itu dan tanpa terasa Anda menemukan rasa percaya diri.

7. Jangan Takut Mengambil Resiko. Jika Anda seorang pengambil resiko, Anda pasti akan temukan kalau tindakan ini mampu membuahkan rasa percaya diri. Tindakan ini juga berfungsi bagus untuk mengurangi rasa takut Anda akan hal-hal yang tak diketahui, plus bisa membangkitkan rasa percaya diri yang luar biasa.

Lebih dari segalanya, selalu ingatlah bahwa Anda memiliki bakat dan kemampuan. Pastikan Anda selalu melakukan yang terbaik untuk semua itu dan inilah yang akan jadi batu loncatan terbaik untuk membangun rasa percaya diri yang tak tergoyahkan. Ingatlah tidak ada usaha yang sia-sia, ketika Anda belum mencapai apa yang diharapkan, maka yang perlu dilakukan adalah mengulang dan mengulang usaha Anda. Ketika merasa kesulitan, maka ingatlah, orang lain juga merasakan itu.

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar