Rabu, 19 Juni 2013

MALEM TEMMO PESA TARESNA TK PGRI DAN SDN. AENGANYAR I TAPEL 2012 / 2013

MALEM TEMMO PESA TARESNA TK PGRI DAN SDN. AENGANYAR I
TAPEL 2012 / 2013




Selasa, 18 Juni 2013, SDN.Aenganyar I mengadakan acara perayaan untuk memeriahkan pelulusan siswa/siswi kelas 6 SDN.Aenganyar I Kec. Giligenting Kab. Sumenep. Acara tersebut di beri judul “Malem Temmo Pesa Taresna TK PGRI dan SDN.Aenganyar I”, acara tersebut di motori oleh Bapak Akhmad Said Hidayat,S.Pd.SD selaku ketua panitia.
Acara tersebut merupakan malam puncak bagi siswa/siswi kelas 6 SDN.Aenganyar I setelah mengikuti kegiatan belajar selama 6 tahun, telah mengikuti UN dan dinyatakan lulus oleh sekolah. Acara – acara telah dikonsep sedemikian rupa oleh panitia sehingga tercipta kemeriahan, kekeluargaan, kenangan, senyum, tawa dan juga tangis haru di ujung acara.

Acara tersebut dimulai dari pra acara oleh TK PGRI Kec. GIligenting sampai prosesi wisudawan/wisudawati. Acara – acara telah di seleksi dan di susun terstruktur menurut urutan – urutannya, dimana acara pada malam temmo pesa taresna TK PGRI dan SDN.Aenganyar I Kec. GIligenting adalah sebagai berikut :

  1. Pra Acara : yang diisi oleh penampilan TK PGRI (pertunjukan baju adat nasional) 
  2. Pembukaan : Pembacaan hamdalah 
  3. Pembacaan ayat suci Al – Qur’an oleh Siswi Kelas 5 (ananda Siti Maimunah) 
  4. Kirab Wisudawan / wisudawati (kirab ini dimulai dari sebelah utara sekolah, sekitar 200 meter di sebelah utara sekolah, sekaligus diiringi oleh sebuah penari muangsangkal yang berjalan di depan wisudawan/wisudawati) Acara tersebut semakin meriah ketika kembang api mulai di dentumkan. 
  5. Sambutan Bapak Yanto Winarjo,S.Pd.M.Si (Selaku Kepala SDN.Aenganyar I Kec.Giligenting Kab. Sumenep) Pesan yang disampaikan oleh Bapak Kepala SDN.Aenganyar I adalah prestasi siswa harus tetap di pertahankan, dan kalau bisa harus lebih ditingkatkan lagi, semuanya butuh proses, karena Tuhan tidak melihat hasil tapi melihat proses yang berupa upaya dan usaha untuk mencapai kesuksesan. Lewat belajar dan berdoa pasti kesuksesan akan mengikuti. 
  6.  Penampilan Tari Pajjer Lagguh oleh siswi kelas I SDN.Aenganyar I (dibina oleh ibu Sitti Yana,A.Ma) 
  7. Pembacaan puisi oleh Ananda Filsa Rosidatin Naila (Siswi kelas I SDN.Aenganyar I) dengan judul puisi mimpi sempurna yang di bina oleh Ibu Hj. Muti’ah,S.Pd.SD 
  8. Sambutan Kepala UPT Pendidikan Kec. GIligenting Kab. Sumepen (Drs.H.Buyamin) didalam sambutannya beliau berpesan untuk selalu optimis dalam segala hal, dan juga selalu berupaya dan berusaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Giligenting khususnya di SDN.Aenganyar I Kec. Giligenting. 
  9. Penampilan Tari Kalowang Celleng oleh siswa/siswi SDN.Aenganyar I Kec. Giligenting. (Tari ini merupakan tari kebanggaan SDN.Aenganyar I, pasalnya tari ini adalah tari yang pernah diikutsertakan lomba pada Festival Tari SeJawa Timur tahun 2013 di Sumenep.) 
  10. Tari Cherrybelle (binaan Ibu Ria Astutik Ningsih,A.Ma) 
  11. Sambutan Kepala Desa Aenganyar I sekaligus ketua Komite SDN.Aenganyar I Kec. Giligenting Kab. Sumenep (H.Fadli Oktaviari) , beliau berpesan untuk selalu menjaga hubungan baik antara sekolah dan masyarakat, karena masyarakat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sekolah, dan juga beliau mendukung acara tersebut, karena dengan acara perpisahan bisa menjadi media silaturahmi dan ajang bakat bagi Siswa/siswi SDN.Aenganyar I
     
  12. Antraksi Pencak Silat (binaan Bapak Agus Dwi Setyawan,S.Pd. yang dinaungi oleh perkumpulan pencak silat Nur Harias Kab. Sumenep) 
  13. Teater Lutung Kasarung (teater lutung kasarung ini merupakan salah satu kebanggaan kabupaten Sumenep, dimana seni teater ini pada tanggal 16 Juni 2013 kemarin mewakili kabupaten Sumenep dalam kancah festival seni teater tingkat provinsi di Surabaya) 
  14. Prosesi Wisudawan/Wisudawati (acara prosesi ini merupakan acara puncak di acara malam pesa taresna TK PGRI dan SDN.Aenganyar I, Bapak Yanto Winarjo,S.Pd.M.Si sebagai kepala sekolah mengukuhkan wisudawan/wisudawati dan didampingi oleh Bapak Akhmad Said Hidayat,S.Pd.SD untuk menyerahkan SKHU sementara. para Wisudawan/wisudawati di panggil satu persatu untuk pengukuhan dan penyerahan SKHU sementara. Setelah wisudawan/wisudawati naik ke atas panggung secara keseluruhan menyanyikan lagu yang telah disiapkan oleh pengiring lagu, dan ditengah acara menyanyikan lagu terdapat acara pembacaan puisi yang dibawakan oleh ananda Izmy Emilda Elama Fernanda. Isak tangis menggema pada malam tersebut, kenagagan antara guru dengan murid semakin terasa, untaian kata dalam lantunan puisi tersebut semakin membuat guru dan murid terharu. Setelah pembacaan puisi dan acara menyanyikan lagu sudah selesai baru, wisudawan/ wisudawati dipersilahkan kembali ketempat dengan berjabat tangan kepada semua guru SDN.Aenganyar I sekaligus pemberian buku kenangan yang berisi semua profil guru dan murid kelas 6. 
  15. Tari Beesarah (binaan ibu Ria Astutik Ningsih,A.Ma) 
  16. Pemberian Anugerah Bintang Prestasi kepala lulusan terbaik SDN.Aenganyar I 2013. Anugerah bintang prestasi tersebut berupa hadian sepeda yang diberikan langsung oleh kepala sekolah kepada wisudawan berprestasi yang kali ini jatuh pada ananda Hanani Surya Layli P 

  17. Penutup (pembacaan do’a oleh Bapak Rifandi P. Sunarto) namun pada acara penutup ini ada yang berbeda, bukan hanya sekedar penutup saja, tetapi perpisahan antara beliau dengan dewan guru SDN.Aenganyar I, pasalnya SK pensiun beliau sudah turun dan bentar lagi terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2013 beliau sudah dinyatakan non aktif dalam jabatan (pensiun). Pada acara tersebut para dewan guru langsung menaiki panggung untuk menjabat tangan dan memeluk beliau, sambil melantunkan kata maaf diantara para dewan guru. Dengan iringan lagu kemesraan menambah haru suasanan pada malam tersebut.
Banyak apresiasi positif dari masyarakat, agar perpisahaan tersebut menjadi agenda tahunan supaya bisa menjadi sarana komunikatif, rekreasi dan juga edukasi. Sukses selalu buat siswa/siswi yang sudah lulus, semoga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang bisa dibanggakan. Jagalah almamatermu, dan terus belajar , berupaya dan berdo’a.
Semoga Sukses Selalu!!!

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar