Selasa, 25 Juni 2013

TIPS MEMILIH SEKOLAH YANG BAIK

untuk anak-anaknya,hilir mudik ke sekolah yang diinginkan dengan bermodalkan nilai ijazah,terbersit di hati saya ada rasa kagum ,karena orang tua sekarang sangatlah peduli terhadap nasib anak-anaknya ke depan.
Katakanlah Pak Andi,ia berprofesi sebagai guru seni rupa, di salah satu sekolah,ia berujar ‘anaknya harus lulus masuk ke SMP Negeri pilihan,karena ia melihat nilai rata-rata di ijazah anaknya tinggi,untuk SD nilai rata-rata 2.7 adalah nilai yang lumayan pada saat itu,akhirnya ia pun mendaftarkan anaknya.Dengan proses yang sedemikian rupa akhirnya anaknya pun di terima ,rasa bangga tersirat di wajahnya yang sedikit keriput.

Setahun kemudian pak Andi berkata kepada saya,saya cukup senang karena telah memberi les untuk anak selama ia di Sekolah Dasar ,karena sekarang ia bisa masuk SMP negeri, di sana saya tidak dibebankan biaya apapun terlebih lagi kualitasnya bagus.
Itulah sedikit gambaran dari masyarakat kita sekarang,selain mencari sekolah yang bebas biaya pastinya harus berkualitas.
jika ingin sedikit membahas apa saja kriteria Sekolah Yang Baik,mungkin diantaranya adalah :

  1. Kualitas. bagaimana cara menentukan sekolah tersebut berkualitas atau tidak. Di sekolah pada umumnya ada istilah akreditasi atau kegiatan penilaian sekolah,penilaian tersebut secara sistematis yang nantinya untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.dan hasil dari akreditasi tadi,sekolah akan mendapatkan pengakuan dari BAN (Badan Akreditasi Nasional) yang merupakan bagian dari Kementrian Pendidikan. jika hasil akreditasi A,maka bagus sekolahnya tapi jika C mungkin perlu banyak evaluasi.
  2. Jarak,mungkin ini bersifat relatif,tapi meskipun begitu tetap menjadi acuan,karena jika anak mendapatkan sekolah yang bagus namun jaraknya terlalu jauh,energinya akan habis di perjalanan,dan konsentrasi belajar di kelas akan kurang bahkan tidak sama sekali karena kelelahan.
  3. Kurikulum.ibarat memakan pisang goreng,kurikulum merupakan pisang dari pisang goreng tersebut,mengingat sekarang era globalisasi dimana anak di tuntut untuk bisa berbahasa inggris secara aktif dan fun, mungkin bisa memilih sekolah yang berkurikulum nasional plus atau Internasional.
  4. Biaya,hal terakhir ini merupakan kunci utama,karena orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan yang bagus dan terbaik,namun yang perlu diketahui tidak semua sekolah yang bagus harus selalu mahal,maka dari itu carilah sekolah yang bagus dengan biaya yang murah

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar