Jumat, 08 November 2013

WORKSHOP KURIKULUM 2013 BAGI KEPALA SEKOLAH DI HOTEL BUKIT DAUN KEDIRI


Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja.
Salah satu fungsi kurikulum ialah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang pada dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut. Komponen merupakan satu sistem dari berbagai komponen yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, sebab kalau satu komponen saja tidak ada atau tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Maka dari itu pemerintah selalu merevisi kurikulum di Indonesia, mulai dari kurikulum CBSA,2006 (KTSP) sampai kurikulum 2013 yang sekarang lagi tahap pengsosialisasikan pada beberapa lembaga, baik kepada guru kelas 1,4 dan PJOK maupun kepala sekolah.
Kepala SDN.Aenganyar I mengikuti workshop kurikulum 2013  di Hotel Bukit Daun Kediri dengan tujuan untuk lebih memahami batang tubuh / roh dari kurikulum 2013, yang nantinya akan diimplementasikan di SDN.Aenganyar I.
Workshop ini diselenggarakan mulai tanggal 7 – 11 November 2013 dimana peserta berasal dari 15 kabupaten diantaranya berasal dari kabupaten Sumenep. Utusan dari kabupaten sumenep terdiri dari 22 orang yang berasal dari sekolah inti dan sekolah imbas.
Materi – materi pelatihan kurikulum tersebut terdiri dari konsep kurikulum, analisis materi pembelajaran , model rancangan pembelajaran dan praktik pembelajaran terbimbing yang nantinya akan dipraktekkan lewat peer teaching.
Semoga dengan diadakan workshop diklat kurikulum ini bisa mengimplementasikan di setiap lembaga masing – masing

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar