Jumat, 23 Mei 2014

NISN Baru Akan Terbit Cek Data Siswa di Dapodik

Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menerbitkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru bagi siswa-siswa yang belum memiliki NISN. Penerbitan NISN baru ini melalui mekanisme sinkronisasi database Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 

Disitribusi NISN melalui mekanisme tersebut membuat 
NISN akan otomatis muncul ke aplikasi dapodik sekolah. Sebelum itu, operator sekolah diminta segera mengecek ulang kelengkapan dan kebenaran data siswa di aplikasi dapodik dan sinkronisasi deengan pusat.


"Sekitar akhir bulan Mei PDSP akan meng-insert kan NISN ke database dapodikdas. Oleh karena itu perlu segera diperiksa kembali kelengkapan dan kebenaran data siswa" kata Admin Dapodikdas, Yusuf Rokhmat.

Identitas siswa yang harus dipastikan lengkap dan benar oleh 
operator sekolah yakni, nama, tanggal lahir, nama orang tua, dan lain-lain. Data siswa tersebut harus sesuai dengan akta kelahiran maupun data yang terdaftar di sekolah.

"Informasi ini harap diperhatikan dan segera cek data siswa apa saja yang belum lengkap. Lengkapi sesuai petunjuk di atas agar tidak terjadi masalah sewaktu diterbitkannya NISN", imbuh Yusuf.

NISN merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional ini dikelola oleh PDSP.

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar