Rabu, 29 Mei 2013

LATIHAN SIMULASI UJI KOMPETENSI GURU (UKG)


Uji Kompetensi Guru adalah sebuah ujian kompetensi yang mengukur seberapa jauh pengetahuan guru tentang kompetensi yang harus dimiliki. Ada 4 kompetensi yang harus dimiliki guru diantaranya adalah : kompetensi Pedagogik, Profesional, kepribadian dan sosial. Namun untuk UKG 2013 materi kompetensi yang diujikan terdiri dari Kompetensi pedagogik dan professional dengan komposisi pedagogik 30% dan professional 70%.
Uji Kompetensi ini akan diikuti oleh guru PNS/GTY yang belum megikuti sertifikasi, sedangkan jadwal UK akan dilaksanakan mulai dari tanggal 10 – 13 Juni 2013, untuk lebih lengkapnya mengenai jadwal UK silahkan kunjungi situs http://sergur.kemdiknas.go.id/sg13.  Tujuan Uji Kompetensi ini untuk pemetaan guru yang belum bersertifikasi.

Maka dari hal tersebut gugus 01 mempunyai program untuk melatih guru dalam rangka persiapan untuk mengikuti Uji Kompetensi Awal, persiapan yang dilakUKGn oleh gugus 01 adalah menunjuk bapak Akhmad Said Hidayat,S.Pd.SD (selaku sekretaris gugus 01) untuk menjadi Pembina latihan simulasi uji kompetensi dan juga mempersiapkan tempat yang akan dijadikan tempat latihan guru.
Materi yang di berikan adalah berupa software yang mirip dengan format soal UKG tahun 2012, dan setiap peserta latihan di beri soft copynya untuk langsung di praktekkan di tempat latihan. Sambil mengerjakan latihan simulasi UKG, Pembina terus memantau dan mendampingi guru – guru yang belum mengerti tentang tekhnis pengerjaannya.

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar