Sabtu, 18 Mei 2013

PROPOSAL KEGIATAN PENTAS SENI PELAJAR


PROPOSAL KEGIATAN
PENTAS SENI PELAJAR
Dalam Rangka Mengikuit Festival Seni Teater Pelajar
Tahun 2013 

KATA PENGANTAR

 Syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan nikmat berupa nikmat sehat dan sempat sehingga kita bisa beraktifitas sebagaimana mestinya.
Tak lupa juga kami haturkan sholawat serta salam kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW sebagai reformis pendidikan, dimana berkat beliaulah kita bisa berada di dalam kehidupan yang penuh dengan lentera ilmu.
SDN.Aengnayar I adalah Salah satu lembaga pendidikan yang ada di Giligenting yang mempunyai potensi di bisan seni khususnya di bisang seni teater, maka dari hal tersebut SDN.Aenganyar I mengikutsertakan siswa-siswinya untuk berpartisipasi dalam Festival Seni Teater Pelajar yang nantinya akan dilaksanakan bulan Juni.
Proposal Kegiatan ini merupakan permohonan kegiatan untuk melaksanakan kegiatan pembimbingan siswa/siswi SDN.Aenganyar I dalam rangka berpartisipasi dalam festival Seni Teater Pelajar tersebut.. dan juga dalam proposal ini kami buat dengan tujuan untuk dapat mengembangkan kompetensi siswa dalam bidan seni, khususnya seni teater.
Semoga proposal kegiatan ini bisa bermanfaat dan juga dapat mengembangkan kompetensi anak di bidang seni khususnya seni Teater.

Giligenting,1 April 2013
Kepala SDN.Aenganyar I




YANTO WINARJO,S.Pd.M.Si
NIP. 19710808 199104 1 001
  ****************************************************************

Menyadari bahwa pentingya memaksimalkan potensi dalam diri manusia maka dibutuhkan suatu upaya untuk memaksimalkan potensi. menyadari bahwa Allah SWT telah memberikan potensi yang luar biasa bagi manusia, terkadang tanpa kita sadari dan pahami, bahwa potensi yang ada didalam diri manusia merupakan kekuatan untuk menjadi manusia yang lebih baik dan bertaqwa kepada Allah SWT. Potensi adalah suatu kekuatan yang belum dimanfaatkan dan dimaksimalkan, oleh karena itu perlu adanya faktor eksternal yang bisa memberikan stimulus-stimulus terhadap pencapain potensi yang mampu di eksplorasikan.
Dalam mengeksplarasi siswa lebih tepatnya jika dilakukan dari sejak dini, mulai dari anak-anak memasuki bangkus sekolah. Dengan dilakukan eksplorasi potensi kita bisa menjadi masa muda anak-anak dapat mencapai kesuksesan dengan kesempurnaan daya potesi yang mereka miliki. Potensi adalah bagian dari penjiwaan terhadap sesuatu yang mampu membuat dan melakukan suatu perbuatan dalam bentuk gejala jiwa, kemudian bila dalam pembelajaran Psikologi Komunikasi dikenal dengan adanya motivasi yaitu dorongan dalam diri anak, dalam tahap-tahapannya: ada yang disebut sensasi, persepsi, memory dan aksi. 
Masa anak-anak adalah masa yang sarat dengan daya imajinasi, masa yang sarat dengan daya kreasi, dan masa yang penuh semangat untuk berbuat seni. Untuk mencapai semua itu semangat saja tentu tidak cukup melainkan kepekaan rasa, kecerdasan intelektual dan pengalaman menjadi penentu. Kreativitas pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan artistik sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif dan kreatif pada diri siswa secara menyeluruh. Sikap ini hanya akan tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan kepada siswa yang meliputi pengamatan, penilaian serta penumbuhan rasa memiliki keterlibatan siswa dalam segala aktivitas seni diluar sekolah. Menjawab semua persoalan tersebut. Siswa perlu diberikan haluan seperti ajang kreativitas, sebagai salah satu solusi dari sekian banyak kegiatan yang bermanfaat. Di samping itu juga untuk mempererat tali persaudaraan sehingga lahir rasa nasionalisme yang tinggi di dalam sanubari pelajar. Yang pada gilirannya, pembinaan dan pengembangan bakat merupakan hasil karya bersama dan rasa kebersamaan segenap pelajar. Tanpa kesadaran kegotongroyongan semua unsur, sulit untuk mengembangkan bangsa ini, bahkan hanya sekedar untuk mempertahankan.

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar