PROPOSAL KEGIATAN
PENTAS SENI PELAJAR
Dalam Rangka
Mengikuit Festival Seni Teater Pelajar
Tahun 2013
KATA PENGANTAR
Syukur
kami panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan nikmat berupa nikmat
sehat dan sempat sehingga kita bisa beraktifitas sebagaimana mestinya.
Tak
lupa juga kami haturkan sholawat serta salam kepada junjungan nabi besar
Muhammad SAW sebagai reformis pendidikan, dimana berkat beliaulah kita bisa
berada di dalam kehidupan yang penuh dengan lentera ilmu.
SDN.Aengnayar
I adalah Salah satu lembaga pendidikan yang ada di Giligenting yang mempunyai
potensi di bisan seni khususnya di bisang seni teater, maka dari hal tersebut
SDN.Aenganyar I mengikutsertakan siswa-siswinya untuk berpartisipasi dalam
Festival Seni Teater Pelajar yang nantinya akan dilaksanakan bulan Juni.
Proposal
Kegiatan ini merupakan permohonan kegiatan untuk melaksanakan kegiatan
pembimbingan siswa/siswi SDN.Aenganyar I dalam rangka berpartisipasi dalam
festival Seni Teater Pelajar tersebut.. dan juga dalam proposal ini kami buat
dengan tujuan untuk dapat mengembangkan kompetensi siswa dalam bidan seni,
khususnya seni teater.
Semoga
proposal kegiatan ini bisa bermanfaat dan juga dapat mengembangkan kompetensi
anak di bidang seni khususnya seni Teater.
Giligenting,1 April 2013
Kepala SDN.Aenganyar I
YANTO
WINARJO,S.Pd.M.Si
NIP. 19710808 199104 1 001
****************************************************************
Menyadari bahwa
pentingya memaksimalkan potensi dalam diri manusia maka dibutuhkan suatu upaya
untuk memaksimalkan potensi. menyadari bahwa Allah SWT telah memberikan potensi
yang luar biasa bagi manusia, terkadang tanpa kita sadari dan pahami, bahwa
potensi yang ada didalam diri manusia merupakan kekuatan untuk menjadi manusia
yang lebih baik dan bertaqwa kepada Allah SWT. Potensi adalah suatu kekuatan
yang belum dimanfaatkan dan dimaksimalkan, oleh karena itu perlu adanya faktor
eksternal yang bisa memberikan stimulus-stimulus terhadap pencapain potensi
yang mampu di eksplorasikan.
Dalam
mengeksplarasi siswa lebih tepatnya jika dilakukan dari sejak dini, mulai dari
anak-anak memasuki bangkus sekolah. Dengan dilakukan eksplorasi potensi kita
bisa menjadi masa muda anak-anak dapat mencapai kesuksesan dengan kesempurnaan
daya potesi yang mereka miliki. Potensi adalah bagian dari penjiwaan terhadap
sesuatu yang mampu membuat dan melakukan suatu perbuatan dalam bentuk gejala
jiwa, kemudian bila dalam pembelajaran Psikologi Komunikasi dikenal dengan
adanya motivasi yaitu dorongan dalam diri anak, dalam tahap-tahapannya: ada
yang disebut sensasi, persepsi, memory dan aksi.
Masa anak-anak adalah
masa yang sarat dengan daya imajinasi, masa yang sarat dengan daya kreasi, dan
masa yang penuh semangat untuk berbuat seni. Untuk mencapai semua itu semangat
saja tentu tidak cukup melainkan kepekaan rasa, kecerdasan intelektual dan
pengalaman menjadi penentu. Kreativitas pada dasarnya diarahkan untuk
menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan artistik sehingga terbentuk sikap kritis,
apresiatif dan kreatif pada diri siswa secara menyeluruh. Sikap ini hanya akan
tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan kepada siswa yang meliputi
pengamatan, penilaian serta penumbuhan rasa memiliki keterlibatan siswa dalam
segala aktivitas seni diluar sekolah. Menjawab semua persoalan tersebut. Siswa perlu
diberikan haluan seperti ajang kreativitas, sebagai salah satu solusi dari
sekian banyak kegiatan yang bermanfaat. Di samping itu juga untuk mempererat
tali persaudaraan sehingga lahir rasa nasionalisme yang tinggi di dalam
sanubari pelajar. Yang pada gilirannya, pembinaan dan pengembangan bakat
merupakan hasil karya bersama dan rasa kebersamaan segenap pelajar. Tanpa
kesadaran kegotongroyongan semua unsur, sulit untuk mengembangkan bangsa ini,
bahkan hanya sekedar untuk mempertahankan.