Kamis, 03 Oktober 2013

BANTUAN GEDUNG PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SDN. AENGANYAR I

Perpustakaan merupakan bagian penting dari kegiatan belajar mengajar, karena perpustakaan merupakan gudang refrensi sebagai acuan untuk melakukan sebuah kegiatan belajar mengajar, baik itu berupa materi, penelitian ilmiah ataupun pembuatan PTK bagi guru-guru.
SDN.Aenganyar I sekarang mendapatkan Bantuan Gedung Perpustakaan Sekolah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang Memorandum of Understanding (MOU) sudah ditandatangani oleh kepala sekolah kemarin lusa dengan besaran dana yang turun sekitar Rp. 128.520.000,- (Seratus dua puluh delapan juta lima ratus dua puluh ribu rupiah)

hal - hal yang melatarbelakangi bantuan gedung perpustakaan adalah
A.      LATAR BELAKANG
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, lembaga pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis untuk mengentaskan pendidikan wajib belajar 9 Tahun dan untuk menciptakan masyarakat madani, khususnya di wilayah kabupaten Sumenep Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting. Keberadaan Sekolah Dasar Negeri Aenganyar I sangat berperan aktif terhadap kepedulian perkembangan pendidikan, itu terbukti dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat untuk menyekolahkan putra – putrinya di Sekolah Dasar Negeri Aenganyar I Kecamatan Giligenting Kabupaten SUmenep

Hal ini mendorong kami untuk terus berupaya melengkapi dan memperbaiki dengan keterbatasan dan kemampuan dana baik bantuan dari orang tua maupun pemerintah, terasa masih banyak yang belum terpenuhi dan terselesaikan dalam upaya memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal dan yang lebih baik kepada peserta didik khususnya di Sekolah kami SDN. Aenganyar I Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep.

Ruang Perpustakaan Sekolah dan Saranan Prasarana yang sampai saat ini masih terasa sangat kurang sehingga kami masih merasa kurang optimal unutk meningkatkan mutu pendidikan di SDN. Aenganyar I, sehingga segala daya dan upaya terus kami lakukan unutk mengembangkan secara kreatif agar pembelajaran terus menerus meningkat dengan sarana dan parasarana yang serba terbatas.

Masyarakat di Sumenep khususnya SDN.Aenganyar I termasuk kedalam masyarakat menengah ke bawah, hal ini mendorong terciptanya rasa ingin memiliki Perpustakaan Sekolah yang repsentatif. Untuk itu kami berupaya menyampaikan keinginan kepada pihak – pihak yang terkait sehingga Sekolah Dasar Negeri Aenganyar I menjadi salah satu sekolah pilihan kebanggaan bagi masyarakat di Desa Aenganyar Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep.

B.       TUJUAN
Tujuan dari Pembangunan Gedung Perpustakaan Sekolah beserta perabotnya adalah sebagai berikut :
1.         Untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik/masyarakat yang optimal.
2.         Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diharapkan oleh masyarakat.
3.         Untuk memberikan rasa nyaman dan tentram di sekolah dalam suasanan proses belajar mengajar yang kondusif.
4.         Agar dapat menampung animo masarakat di Desa Aenganyar dan sekitarnya.
5.         Agar proses belajar mengajar baik intra maupun ekstrakurikuler berjalan sesuai dengan jadwal dengan tersedianya ruangan kelas maupun sarana dan prasarana penunjang yang lengkap.
6.         Untuk mengangkat derajat masyarakat menengah kebawah dengan adanya gedung perpustakaan sekolah yang representative. Agar terciptanya suasanya proses belajar mengajar yang aktif, kreatif dan inovatif sehingga kemampuan guru terus berkembang dan dapat memberi pelayanan yang baik kepada naka didiknya.
7.         Guru akan merasa bangga dengan adanya Gedung Perpustakaan Sekolah yang representative sehingga akan termotivasi untuk terus mengembangkan dirinya dan memiliki disipilin yang tinggi terhadap peserta tugas yang diembannya.
8.         Mendorong peran serta masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam meningkatkan prestasi sekolah maupun program kegiatan lainnya secara terlibat aktif.

C.      MANFAAT
Manfaat dari gedung perpustakaan sekolah ini menjamin kepada masyarakat sekitar SDN.Aenganyar I khususnya dan seluruh warga Indonesia pada umumnya dalam upaya memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik.

D.       SASARAN
Sasaran yang hendak di capai dalam program bantuan ini adalah seluruh siswa/i SDN.Aenganyar I Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep.

E.       HASIL YANG DIHARAPKAN
Hasil yang diharapkan dalam program ini adalah dalam rangka turut bertanggung jawab dalam upaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan secara global. 

dan kesemuanya itu tertuan di proposal yang bisa diunduh di https://docs.google.com/file/d/0B6gPZjLsy9fZb01sbGRBWjNDbHM/edit?usp=docslist_api 

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar