Kamis, 20 Maret 2014

Monitoring pelaksanaan PKG/PKB tapel 2013.2014


MONITORING PELAKSANAAN PKG/PKB 
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan. Dan juga semua profil PKG guru tersebut merupakan sebuah gambaran kekuatan dan kelemahan guru yang nantinnya akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang nantinya dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB.
Maka dari hal tersebut pada hari Kamis, 20 Maret 2014. Telah dilaksanakan monitoring PKG/PKB di Gugus 01 Kec. Giligenting yang dilaksanakan oleh salah satu Tim Monitoring Pelaksanaan PKG/PKB Kabupaten Sumenep diantaranya oleh Bapak Drs. Ismail,M.Pd.I dan Bapak Drs. Nur Said,M.Pd, beliau datang ke Gugus 01 Kec. GIligenting untuk mengadakan monitoring sekaligus pembinaan tentang penilaian kinerja Guru yang nantinya akan merefleksi dan bertindak lanjut kedalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Selain hal tersebut diatas, beliau juga memonitor beberapa berkas yang ada di kelas dengan mengambil beberapa sampel guru di SDN.Aenganyar I. dimana berkas tersebut berupa dokumen pembelajaran yang ada di kelas, diantaranya :
Silabus
b. dokumen penetapan KKM
Prota
Promes
Kalender Pendidikan
Pembagian Minggu Efektif
RPP
Daftar Hadir Siswa
Buku catatan pengamatan siswa
Buku catatan pengamatan guru (Kasek dan Penilai)
Daftar Hadir guru (kasek)
Media pembelajaran
Buku pegangan guru dan siswa
SK Pembagian Tugas mengajar tapel 2013/2014
Jadwal pembagian tugas mengajar minimal 24 jampel
Analisis
Buku BK
Bank Soal dan
Berkas PKG tahun 2013.
Secara umum PKG Memili 2 fungsi utama yaitu untuk menilai kemampuan guru dalam mererapkan semua kompetensi dan untuk menghitung angka kredit yang nantinya akan bermanfaat untuk menentukan kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu dan kinerja gurur sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan cerdas, komprehensif dan berdaya saing, tutur Bapak Drs.Nursaid,M.Pd (salah satu tim monitor PKG/PKB Kab.Sumenep)
Semoga dengan adanya monitoring dan pembinaan PKG/PKB bisa bermanfaat bagi semua guru di Gugus 01 Kec. Giligenting pada umumnya dan bagi guru SDN.Aenganyar I pada khususnya, dan juga bisa ditindak lanjuti di setiap lembaga – lembaga yang ada di gugus 01 Kec.Giligenting, sehingga penerapan PKG bisa berjalan efektif, efesien dan mendapatkan hasil yang diharapkan oleh pemerintah yang tertuang dalam peraturan menteri Pendidikan nasional16/2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar