Rabu, 17 September 2014

PROSEDUR PEMBUATAN SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER KURIKULUM 2013

PROSEDUR PEMBUATAN SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER
KURIKULUM 2013

Ulangan Tengah Semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah kegiatan pembelajaran dalam kurun waktu 8 – 9 minggu. Ulangan tengah semester disajikan dalam bentuk tes tulis, tes lisan, dan penugasan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Penyusunan instrumen penilaian UTS disesuaikan dengan kaidah-kaidah penyusunan instrumen penilaian dalam bentuk tes dan penugasan.
Dalam menghadapi Ulangan Tengah Semester tentunya guru harus membuat soal – soal yang akan di berikan sebagai representasi ketuntasan Indikator sehingga guru bisa memberikan penilaian detail terhadap setiap Kompetensi Dasar.

Dalam Kurikulum 2013 Nilai Ulangan Tengah Semester merupakan Nilai aspek pengetahuan yang disajikan secara kualitatif, namun walaupun disajikan secara kualitatif, pengolahan tetap dinilai secara kuantitatif. Oleh sebab itu Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan ulangan tengah semester diperlukan langkah – langkah sebagai berikut :
1.       Penyusunan Kisi – kisi (Untuk UTS kisi-kisi bersumber dari muatan mata pelajaran pada KD dari aspek pengetahuan (KI-3) yang terangkum dalam dua tema yang sesuai.) dan
2.       Menyusun soal sesuai Kisi – kisi
Kisi – kisi merupakan rambu – rambu dalam pembuatan soal yang bersumber dari Kompetensi dasar dan Indikator yang telah dipetakan sebelumnya. Untuk mengetahui contoh kisi – kisi UTS, silahkan download di sini


Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar