Sabtu, 30 Agustus 2014

PROGRAM PERDANA EVALUASI KURIKULUM 2013

PROGRAM PERDANA EVALUASI KURIKULUM 2013

Kurikulum 2013 adalah program inovasi dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang notabenenya merupakan kegiatan belajar mengajar tematik, namun pada kurikulum 2013 ada aspek – aspek perubahan yang mendasar diantaranya Standar Kelulusan (SKL) yang dinilai dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, Standart Isi (Buku guru dan Buku siswa), Standart Proses (Saintifik) dan standart penilaian (Portofolio).
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru dan terinovasi sehingga harus dilaksanakan di tiap – tiap lembaga pendidikan mulai dari jenjang SD sampa SMA. Untuk SD kurikulum 2013 harus dilaksanakan di tingkat 1, 2, 4 dan 5. Banyak program pelatihan – pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui lembaga – lembaganya yang bertujuan untuk memantapkan program kurikulum 2013, dan pemerintah tidak tanggung – tanggung dalam mengucurkan dana kepada program pelatihan tersebut.

Dari tindak lanjut kurikulum 2013 tersebut, SDN. Aenganyar I Kec. Giligenting mengadakan evaluasi terhadap kinerja guru terhadap respon dari kurikulum 2013. Evaluasi tersebut akan rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu setelah kegiatan belajar mengajar berakhir.
Sabtu, 30 Agustus 2014 merupakan evaluasi perdana yang dilaksakan SDN. Aenganyar I dimana pada evaluasi tersebut melibatkan semua guru SDN. Aenganyar I Beserta kepala sekolah. Tekhnis evaluasi tersebut bersifat sharing dan menceritakan kendala – kendala yang dihadapi oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar, dan mencari solusinya, sehingga kendala – kendala yang berkaitan dengan kurikulum 2013 bisa mendapat solusi.
Program Evaluasi Kurikulum 2013 ini akan dilaksanakan tiap hari Sabtu, dengan agenda yang berbeda tiap minggunya, pada hari Sabtu, 30 Agustus 2014 telah melaksanakan evaluasi dengan agenda/Tema : “Bagaimanakan membuat RPP yang baik dan benar?”.

Semoga dengan adanya pertemuan rutin dalam rangka evaluasi kurikulum 2013 terus berjalan dan bisa meminimalis kendala dengan cara memberikan solusi lewat sharing antara guru dengan guru, maupun guru dengan kepala sekolah. 

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar