Kamis, 04 September 2014

MONITORING PENILAIAN KINERJA GURU DARI PENGAWAS TK/SD KEC. GILIGENTING

Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan. Dan juga semua profil PKG guru tersebut merupakan sebuah gambaran kekuatan dan kelemahan guru yang nantinnya akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang nantinya dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB.
Kamis, 04 September 2014, telah diadakan monitoring dan pendampingan oleh pengawas TK/SD Kec. Giligenting (drs Sunnan dan Hj. Rehanna,S.Pd) dengan sasaran guru beserta kepala sekolah mengenai penilaian kinerja guru khususnya guru yang sudah bersertifikasi. Point – point yang di monitoring berkenaan dengan kompetensi guru yaitu kompetensi Pedagogik, Kepribadian, sosial dan Profesional, dimana semua item dari kompetensi tersebut di monitor secara intens.

Monitoring berkas PKG adalah monitoring berkas yang harus ada di kelas, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Rencana Kerja Guru menuju akreditasi
2.      Notulen Rapat (tiap guru per kelas)
3.      Buku Anekdot
4.      Buku kunjungan
5.      Buku Informasi
6.      Papan data
7.      Kalender Pendidikan
8.      Kalender nasional
9.      Buku cuti
10.  Jadwal Pelajaran
11.  Silabus
12.  Prota/promes (Kesulitan K-13)
13.  RPP
14.  Daftar nilai
15.  Bank Soal
16.  Analisis Evaluasi
17.  Program perbaikan dan pengayaan
18.  Ekstra kurikuler
19.  Grafik perkembangan pendidikan
20.  SK Pembagian tugas guru
21.  Buku Supervisi kelas
22.  Buku pegangan guru dan siswa
23.  Buku penyerahan
24.  Memiliki media
25.  Buku absen
26.  Rekapitulasi nilai raport
27.  Buku inventaris perlengkapan barang

Setelah monitoring berkas PKG, pengawas TK/SD juga melihat/memantau bagaimana guru dan kepala sekolah mengajar di kelas, dengan perwakilan satu kepala sekolah dan satu orang guru. Guru yang di dampingi dalam kegiatan belajar mengajar antara lain : Yanto Winarjo,S.Pd.M.Si (Mendapat tugas tambahan kepala sekolah) dan Surahmi, A.Ma (guru kelas 5a).
Dari beberapa kegiatan monitoring dan pendampingan ada point-point saran kepada SDN. Guru dan Kepala Sekolah SDN. Aenganyar tentang kegiatan belajar mengajar :
  1. Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, seharusnya kegiatan belajar mengajar harus lebih ditekankan kepada keaktifan siswa (student centered) bukan terpusat pada guru (Teacher centered
  2. Pendalaman karakteristik peserta didik yang juga tertuang di point PKG.
  3. Penanaman pendidikan karakter harus lebih intens kepada peserta didik
  4. Jangan mengajukan pertanyaan tertutup (close question) kepada siswa, sehingga tidak terjadi jawaban tunggal yang mengakibatkan jawaban serentak kepada siswa, buatlah pertanyaan yang mengandung jawaban banyak (multi answer), sehingga anak bisa bernalar / berasosiasi
  5. Jangan melakukan banyak pemenggalan kata yang menimbulkan multi tafsir kepada suatu kata tersebut.


Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari guru dan kepala sekolah, yang memang kegiatan monitoring dan pendampingan seharusnya dilaksanakan secara berkala, sehingga guru bisa mengevaluasi diri dalam rangka peningkatan kinerja guru. Semoga dengan diadakan kegiatan tersebut bisa menjadi nilai tambah kepada kepala sekolah dan guru SDN. Aengnayar I dalam pengembangan profesi yang nantinya akan terimbas kepada peserta didik yang berkualitas dan berkuantitas. Amin 

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar