Penilaian
Kinerja Guru (PKG) adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru
dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas
utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan
pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan. Dan juga semua profil PKG
guru tersebut merupakan sebuah gambaran kekuatan dan kelemahan guru yang
nantinnya akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau
audit keterampilan untuk setiap guru, yang nantinya dapat dipergunakan sebagai
basis untuk merencanakan PKB.
Kamis,
04 September 2014, telah diadakan monitoring dan pendampingan oleh pengawas
TK/SD Kec. Giligenting (drs Sunnan dan Hj. Rehanna,S.Pd) dengan sasaran guru
beserta kepala sekolah mengenai penilaian kinerja guru khususnya guru yang
sudah bersertifikasi. Point – point yang di monitoring berkenaan dengan
kompetensi guru yaitu kompetensi Pedagogik, Kepribadian, sosial dan
Profesional, dimana semua item dari kompetensi tersebut di monitor secara
intens.
Monitoring
berkas PKG adalah monitoring berkas yang harus ada di kelas, diantaranya adalah
sebagai berikut :
1.
Rencana
Kerja Guru menuju akreditasi
2.
Notulen
Rapat (tiap guru per kelas)
3.
Buku
Anekdot
4.
Buku
kunjungan
5.
Buku
Informasi
6.
Papan
data
7.
Kalender
Pendidikan
8.
Kalender
nasional
9.
Buku
cuti
10. Jadwal Pelajaran
11. Silabus
12. Prota/promes (Kesulitan K-13)
13. RPP
14. Daftar nilai
15. Bank Soal
16. Analisis Evaluasi
17. Program perbaikan dan pengayaan
18. Ekstra kurikuler
19. Grafik perkembangan pendidikan
20. SK Pembagian tugas guru
21. Buku Supervisi kelas
22. Buku pegangan guru dan siswa
23. Buku penyerahan
24. Memiliki media
25. Buku absen
26. Rekapitulasi nilai raport
27. Buku inventaris perlengkapan barang
Setelah monitoring
berkas PKG, pengawas TK/SD juga melihat/memantau bagaimana guru dan kepala
sekolah mengajar di kelas, dengan perwakilan satu kepala sekolah dan satu orang
guru. Guru yang di dampingi dalam kegiatan belajar mengajar antara lain : Yanto
Winarjo,S.Pd.M.Si (Mendapat tugas tambahan kepala sekolah) dan Surahmi, A.Ma
(guru kelas 5a).
Dari
beberapa kegiatan monitoring dan pendampingan ada point-point saran kepada SDN.
Guru dan Kepala Sekolah SDN. Aenganyar tentang kegiatan belajar mengajar :
- Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, seharusnya kegiatan belajar mengajar harus lebih ditekankan kepada keaktifan siswa (student centered) bukan terpusat pada guru (Teacher centered
- Pendalaman karakteristik peserta didik yang juga tertuang di point PKG.
- Penanaman pendidikan karakter harus lebih intens kepada peserta didik
- Jangan mengajukan pertanyaan tertutup (close question) kepada siswa, sehingga tidak terjadi jawaban tunggal yang mengakibatkan jawaban serentak kepada siswa, buatlah pertanyaan yang mengandung jawaban banyak (multi answer), sehingga anak bisa bernalar / berasosiasi
- Jangan melakukan banyak pemenggalan kata yang menimbulkan multi tafsir kepada suatu kata tersebut.
Kegiatan
tersebut mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari guru dan kepala sekolah,
yang memang kegiatan monitoring dan pendampingan seharusnya dilaksanakan secara
berkala, sehingga guru bisa mengevaluasi diri dalam rangka peningkatan kinerja
guru. Semoga dengan diadakan kegiatan tersebut bisa menjadi nilai tambah kepada
kepala sekolah dan guru SDN. Aengnayar I dalam pengembangan profesi yang
nantinya akan terimbas kepada peserta didik yang berkualitas dan berkuantitas. Amin