Rabu, 13 Agustus 2014

STRATEGI PEMBAGIAN JAM MENGAJAR DAN PEMBUATAN JADWAL PELAJARAN KURIKULUM 2013 SD

Pembagian jam mengajar sangat menentukan sekali dalam kegiatan belajar mengajar, karena dengan pembagian jam mengajar yang tepat kita bisa membagi tiap – tiap mata pelajaran menjadi suatu irisan – irisan yang sesuai dengan jumlah jam/minggu sehingga kita bisa membagi Kompetensi Dasar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
Pada kurikulum 2013, masih banyak teman – teman guru di sekolah yang masih bingung dalam pembagian jam mengajar, disebabkan kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran tematik integratif, dimana semua mata pelajaran terintegrasi kepada sebuah tema, namun walaupun semua mata pelajaran sudah terintegrasi dengan sebuah tema,  pembagian / alokasi waktu belajar per minggu masih berlaku, ini dimaksudkan untuk memberikan besaran porsi muata mapel yang ada dalam suatu tema / subtema.

Gambar dibawah ini adalah rincian alokasi waktu belajar per minggu kurikulum 2013


Dalam tabel diatas, sudah jelas pembagian jam tiap mata pelajaran, sebagai contoh : mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mempunyai waktu 4 jam pelajaran di kelas 4, 5 dan 6.
Setelah mengetahui jumlah / porsi jam per mata pelajaran barulah membuat sebuah jadwal dan lampiran roster sebagai lampiran tidak terpisahkan dalam jadwal.
Dalam pembuatan jadwal pelajaran tentunya harus memperhatikan tema, karena dalam kurikulum 2013 semua mata pelajaran sudah terintegrasi dalam satu tema/subtema,
Alokasi watu Dalam 1 (satu) pembelajaran itu terdapat sekitar 5 x 35 menit, yang terbagi dari beberapa mata pelajaran (terintetgrasi tema),
Untuk lebih jelasnya silahkan download file tersebut dengan menekan link dibawah ini
untuk roster sudah di lihat di : 
http://sdnaenganyar.blogspot.com/2014/07/jadwal-pelajaran-tematik-sd-kurikulum.html 

Baca juga tulisan menarik lainnya

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar